Segala Hal Mengenai Merawat Kondisi Genset yang Jarang Diperhatikan

    Segala Hal Mengenai Merawat Kondisi Genset yang Jarang Diperhatikan

    Kondisi genset ditentukan oleh banyak sekali hal. Mulai dari perawatan genset yang salah  hingga cara memilih genset yang tidak tepat. Memilih genset memiliki pengaruh yang sama besarnya dengan merawat kondisi genset itu sendiri. Hal ini salah satunya karena pada saat memilih genset, bila tidak sesuai dengan kebutuhan akan menyebabkan bahaya. Misalnya saja bila memilih genset yang tidak sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan. Sampai dengan menggunakan genset yang tidak sesuai dengan voltase instrumen yang akan digunakan. Hal ini yang nantinya akan juga mempengaruhi kondisi genset.

    Namun selain itu, perlu diketahui tips memilih genset yang tepat serta melakukan perawatan genset yang optimal. Di bawah ini merupakan beberapa diantaranya.

    1.Jangan biarkan genset mati terlalu lama

    Pada proyek atau pun industri, kerap kali genset tak digunakan sebagai satu-satunya sumber tenaga listrik. Sebaliknya, genset kerap kali hanya sebagai alternatif hingga pengganti bila misalnya terjadi pemadaman listrik pada pusat. Ketika hal ini terjadi memang pada akhirnya genset menjadi pilihan lain untuk digunakan.

    Namun dalam skenario tersebut, hal ini berarti genset akan mati dalam waktu yang lama. Padahal satu hal yang tak banyak diketahui oleh pengguna atau pun perusahaan. Genset yang mati dalam waktu yang lama akan mempengaruhi kondisi genset. Hingga menyebabkan kerusakan pada genset itu sendiri.Sehingga selalu pastikan genset tak mati dalam waktu yang terlalu lama.

    2.Pastikan menggunakan spare part asli

    Bila terjadi kerusakan pada genset sehingga ada spare part yang perlu diganti, selalu pastikan menggunakan spare part asli. Spare part palsu hanya akan menyebabkan masalah hingga penurunan kondisi genset. Bahkan bila benar-benar digunakan dalam waktu lama, spare part palsu ini bisa menyebabkan masalah yang lebih besar pada genset.

    Spare part asli memang memiliki harga yang lebih mahal. Terlebih dibandingkan dengan spare part palsu yang sangat murah. Namun menggunakan spare part palsu memiliki resiko yang lebih besar pada kondisi genset. Sehingga pastikan untuk selalu menggunakan spare part asli untuk genset.

    Begitulah beberapa tips memilih genset dan merawatnya agar tidak mudah rusak.

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.