Beranda Gadget Apple Resmi Perkenalkan IOS 10, Ini Fitur Barunya

Apple Resmi Perkenalkan IOS 10, Ini Fitur Barunya

San Francisco – Pada acara konferensi WWDC 2016, Apple secara resmi memperkenalkan generasi terbaru sistem operasinya, iOS 10.

Menariknya, beberapa pengamat menyebutkan bahwa sistem operasi terbaru milik Apple ini adalah iOS paling cerdas dan yang paling halus.

Nah, apa saja fitur-fitur baru yang ada di dalamnya? Mengutip GSM Arena, berikut 10 fitur utama yang diklaim sudah mengalami penyempurnaan selama presentasi mereka.

1. User Interface

Apple merancang ulang sektor lockscreen di mana sekarang mendukung fitur pick up to wake dan akses kamera lebih gampang cukup dengan menyapukan layar ke kiri. Jika menyapukan layar ke kanan, maka kalian akan menemukan halaman widget. Saat Android menyingkirkan widget di lockscreen, iOS justru menghadirkannya kembali.

Area notifikasi didesain dengan tampilan seperti gelembung. Control Center kini terdiri dari dua jendela, satu berisi tombol perintah dan satu lagi berisi kontrol musik, berkonsep ala bubble atau gelembung. Terdapat Control Center Tab ketiga jika Anda menggunakan fitur Home app, pintas menuju aksesoris home.

Apple mendongkrak kemampuan 3D Touch, kita bisa melihat sekilas informasi tambahan dari notifikasi dan bahkan aplikasi di homescreen. Dan kalau Anda suka bisa langsung memasangnya sebagai widget di halaman Today.

2. Siri

Siri juga mendapat update fitur baru. Tapi perubahan paling mendasar adalah dibukanya Siri buat pengembang.

Kini aplikasi ini bisa mengirim pesan via message client non Apple, bisa memesan Uber dan lain-lain. Siri juga bisa mencari foto melalui aplikasi foto pihak ketiga, bisa melakukan panggilan VoIP atau mengirim pembayaran.

3. QuickType Keyboard

Keyboard di iOS 10 kini sudah disempurnakan dengan kecerdasan Siri hingga bisa memperkirakan apa yang hendak kita katakan atau jawab.

Fitur ini juga bisa membaca pesan dan menyarankan apakah kita hendak membuat jadwal, membagi lokasi, mengingat alamat dan mendukung pengetikan multilingual.

4. Foto

Aplikasi foto disempurnakan dengan beberapa trik baru, tapi buat pengguna Android sebenarnya sudah familiar.

Aplikasi ini bisa menampilkan foto di peta, lalu kita bisa menyortirnya dengan wajah teman kita.

Fitur baru yang menarik adalah penyortiran kecerdasan buatan di Memories yang bisa memindai foto dan mengurutnya dalam album otomatis sesuai kriteria seperti landmark, hewan, people, topik dan lain-lain.

5. Maps atau Peta

Di iOS 10, aplikasi Maps atau peta mendapat suntikan layer, panduan lebih pintar dan proaktif.

Maps mendukung extention, membantu aktivitas sehari-hari dengan menawarkan rute tercepat mengikuti lalu lintas di sekitar dan menyarankan tempat-tempat penting di area terdekat. Aplikasi ini juga bisa mengatur reservasi.

Maps in CarPlay juga punya beberapa fitur baru seperti menambahkan turn-by-turn navigation ke display dashboard.

6. Apple Music

Apple Music punya tampilan antarmuka lebih segar, memudahkan kita mencari musik dan mengorganisirnya.

7. News

News juga punya antarmuka baru. Kita bisa membuat subtopik. Misal, Anda menyukai bacaan seputar Euro 2016, News akan secara otomatis membuat sub kategori untuk Euro 2016.

Aplikasi ini juha mendukung subscription di mana Anda bisa mendapat konten gratis dan berbayar di satu tempat. Notifikasi Breaking News di homescreen juga hadir dalam update baru ini.

8. Home App dengan Home Kit Lebih Bertenaga

Apple ingin kita mengontrol segala hal di rumah melalui Home App anyar mereka. Mendukung berbagai aksesoris elektronik cerdas yang populer dan kita bisa mengontrol semuanya via iPhone.

Lampu, pintu, kunci, kamera, AC, kipas angin, bel, dan lain-lain. Home App mendukung 3D Touch. Selain itu, Control Center menyelipkan tab ketiga yang menawarkan kontrol untuk aksesoris paling sering digunakan.

9. Phone

Apple telah memperbarui aplikasi Phone dengan beberapa fitur baru. Semua aplikasi VoIP pihak ketiga sekarang menggunakan calling screen yang sama dengan default aplikasi Phone.

Skype, Viber, dan yang lain-lain punya notifikasi full screen dengan foto, beberapa opsi, dan slider penjawab berukuran besar.

Dalam phonebook kita sekarang bisa memilih aplikasi apa yang hendak dipakai untuk menelepon nomor tertentu.

Voicemail bisa menampilkan transkrip pesan dan bisa mendeteksi sebuah pesan yang datang dari nomor tak dikenal, bahkan sebelum masuk voicemail.

10. Messages

Mendukung live GIF dan video playback. Semua multimedia yang bisa diputar akan bisa disetel dalam thread pesan. Anda juga bisa menikmati akses cepat ke foto dan live camera feed tanpa harus keluar dari aplikasi.

Antarmukanya pun dirancang lebih nyaman dengan Emoji tiga kali lebih besar dan kita bisa mengganti kata dengan Emoji cukup dengan mengetuknya. Bubble Effect di aplikasi ini cukup menarik.

Kita juga bisa menanamkan efek berbeda dalam iMessages. Aplikasi ini mendukung tulisan tangan dan Digital Touch serta terbuka untuk pengembang.

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.