Beranda News Resmi, Lenovo Phab 2 Pro Jadi Smartphone “Tango” Pertama Di Dunia

Resmi, Lenovo Phab 2 Pro Jadi Smartphone “Tango” Pertama Di Dunia

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com – Setelah lama menjadi rumor, smartphone berteknologi Project “Google” Tango akhirnya diresmikan Lenovo. Ponsel Android tersebut dinamai Phab 2 Pro.

Dengan ini Phab 2 Pro menjadi ponsel serta perangkat pertama di dunia dengan kemampuan Project Tango. Sebagai perangkat Tango, Phab 2 Pro bisa memindai obyek 3 dimensi dan meletakkan benda virtual di dalam ruangan melalui layar ponsel (augmented reality).

“Kemampuan Tango bisa diterapkan dalam keseharian, seperti untuk menavigasi, visualisasi, dan untuk gaming,” ujar Jeff Meredith, General Manager & VP Head of Android Chroe Computing Business Group Lenovo di panggung Tech World 2016 di San Francisco, AS, Kamis (9/6/2016).

Perbedaan ponsel Android biasa dengan ponsel berkemampuan Project Tango, dijelaskan Jeff, adalah terletak di bagian kameranya. Ponsel Tango dilengkapi dengan kamera sudut lebar 160 derajat dengan kemampuan motion tracking dan kamera yang bisa merasakan jarak (depth camera).

“Tango bisa mengenali konsep ruang dan jarak, sehingga tahu apa saja yang ada di sekelilingnya, itulah yang memperkaya Tango,” tutur Jeff, seperti dilaporkan wartawan Kompas.com Reska K. Nistanto.

Untuk lebih mudahnya memahami Tango dalam kehidupan sehari-hari, bayangkan Anda sedang mencari suatu tempat, seperti terminal atau stasiun kereta. Dengan project Tango, peta yang ditampilkan di layar ponsel adalah peta 3 dimensi yang bisa dijelajahi.

Kemampuan yang sama juga dihadirkan untuk mal-mal dan museum. Pengguna bisa melakukan tur virtual di dalam ponsel.

Selain fungsi navigasi, Tango juga memiliki fungsi visualisasi. Bayangkan Anda sedang ingin merenovasi rumah dan ingin melihat hasilnya seperti apa secara virtual. Anda bisa memindai ruangan dalam rumah dan meletakkan obyek-obyek tertentu dalam ruangan secara virtual, sehingga bisa tahu persis seberapa luas ruang sebelum membeli furnitur.

“Anda bisa melihat lebih dahulu seperti apa ruangan itu nanti jadinya,” tutur Jeff.

Kemampuan ketiga adalah gaming. Seiring dengan meningkatnya tren virtual reality (VR) dan augmented reality (AR), game dengan kemampuan AR akan memberikan pengalaman gaming yang berbeda.

Baca: Mengenal Teknologi Project Tango dari Google

Spesifikasi Phab 2 Pro

Bagaimana dengan spesifikasi ponsel Phab2 Pro itu sendiri?

Lenovo menghadirkan Phab 2 Pro dengan desain unibody. Layarnya berukuran 6,4 inci QHD dengan teknologi IPS dan kerapatan piksel 454 ppi. Dapur pacunya menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 652 dan memori penyimpanan sebesar 64 GB serta RAM 4 GB.

Untuk urusan foto dan video, Phab 2 Pro dibekali kamera depan 8 megapiksel dan belakang 16 megapiksel. Melengkapi kamera belakang, terdapat komponen depth camera dan motion sensor sebagai pendukung pemindaian 3D.

Baterainya memiliki kapasitas yang tergolong besar, yakni 4.050 mAh. Lenovo memastikan Phab 2 Pro bisa bertahan dipakai selama 15 jam atau 4 jam penggunaan fitur Tango. Baterainya juga memiliki fitur isi ulang daya cepat.

Phab 2 Pro diklaim oleh Lenovo menjadi ponsel pertama yang memiliki fitur perekaman suara dalam Dolby 5.1 saat dipakai merekam video. Keluaran suaranya juga diklaim memiliki kualitas Dolby Atmos layaknya di bioskop-bioskop.

Lenovo Phab 2 Pro tersedia dalam dua varian warna, yakni champagne gold dan abu-abu gunmetal.

Ponsel Android Marshmallow ini, dikatakan Jeff, akan mulai tersedia di pasar global mulai September 2016 mendatang dengan banderol harga 499 dollar AS (sekitar Rp 6,6 juta).

Sumber: http://tekno.kompas.com

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.