Beranda Gadget Ini Kabel Yang Cocok Untuk Instalasi Listrik Rumah

Ini Kabel Yang Cocok Untuk Instalasi Listrik Rumah

KABEL listrik merupakan sebuah media untuk menyalurkan energi listrik. Kabel listrik terdiri dari konduktor dan isolator. Untuk konduktor terbuat dari bahan alumunium ataupun tembaga, sedangkan untuk isolatornya terbuat dari bahan thermosetting atau termoplastik.

Kemampuan hantar kabel listrik ditentukan oleh KHA atau Kemampuan Hantar Arus yang dimilikinya. Kemampuan hantar arus ditentukan oleh luas penampung konduktor yang ada di dalam kabel listrik tersebut. Adapun untuk ketentuan mengenai KHA sebuah kabel lirik, diatur dalam spesifikasi Standar PLN (SPLN).

Berdasarkan tegangannya, kabel listrik terdiri dari tiga kategori, yakni kabel listrik tegangan rendah, menengah dan tinggi. Berdasarkan jenisnya sendiri kabel listrik pun terdapat 3 jenis, yakni kabel NYA, NYM dan NYY.

Sebelum instalasi listrik, pengguna mesti mengetahui terlebih dahulu jenis kabel mana yang tepat untuk digunakan. Berikut penjelasan masing-masing jenis kabel tersebut.

1. Kabel NYA

Kabel NYA adalah jenis kabel listrik yang berinti tunggal, isolator kabel listrik jenis ini berbahan PVC. Kabel NYA merupakan jenis kabel yang paling banyak dipasang untuk instalasi listrik di rumah. Lapisan isolasinya kabel NYA hanya satu lapis, sehingga mudah cacat, mudah digigit tikus, serta tidak tahan air.

Supaya aman, apabila memilih untuk menggunakan kabel NYA, maka mesti dipasangi pipa atau conduit jenis PVC maupun saluran tertutup sehingga tidak mudah rusak akibat gigitan tikus sehingga jika terdapat isolasi yang mengelupas sangat membahayakan dan tidak akan tersentuh

2. Kabel NYM

Kabel NYM adalah jenis kabel listrik yang berinti lebih dari satu, mulai dari 2 hingga 4. Jenis Kabel NYM mempunyai dua lapisan isolasi, sehingga tingkat keamanannya jauh lebih baik daripada kabel NYA.

Harga kabel listrik NYM pun lebih mahal dari kabel NYA. Kabel NYM bisa digunakan untuk instalasi listrik di luar ataupun dalam ruangan.

Kabel NYM pun bisa digunakan di area yang kering dan juga basah, akan tetapi tidak digunakan untuk ditanam.

3. Kabel NYY

Kabel NYY mempunyai ukuran yang lebih besar dan lapisan isolasinya lebih kuat dan lebih tebal dari jenis kabel NYM. Sehingga kabel NYY ini cocok sekali untuk ditanam di tembok ataupun di bawah permukaan tanah.

Meskipun mempunyai isolasi yang kuat, namun mesti tetap diberikan perlindungan seperti duct, pipa PVC atau pipa besi supaya ketahanannya maksimal.

Dengan kualitasnya yang lebih kuat dari kabel NYM, tentu saja harga kabel listrik NYY sedikit mahal dari kabel NYM.

Itulah beberapa macam kabel yang biasa digunakan untuk instalasi listrik. Sekedar informasi, untuk membeli kabel listrik sebaiknya kunjungi Ralali.com.

Di Ralali.com jual kabel listrik sangat lengkap dan berkualitas. Semua produk di Ralali.com berlisensi SNI sehingga aman digunakan. [adv]

Sumber: http://teknologi.inilah.com

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.